HTML 5

5 Hal yang Harus Anda tau Tentang HTML 5 : Prolog

19.40,8 Comments

1. It’s not one big thing (Ini Bukan Sesuatu hal yang besar)

Pertama kali mendengar nama HTML 5 tentu anda akan bertanya: "Bagaimana saya bisa mulai menggunakan HTML 5 jika browser lama tidak mendukung itu" Tapi? Pertanyaan itu justru akan menyesatkan anda. Kenapa? karena HTML5 bukanlah satu hal yang besar. Bayangkan, untuk apa anda memikirkan dukungan Browser yang setiap waktu akan berubah versi ke yang lebih baik? dan saya yakin suatu saat nanti setiap Browser pasti tidak ingin kehilangan pangsa pasarnya dan mengabaikan HTML 5.



Selanjutnya, Anda mungkin berpikir tentang tag dan kurung sudut dari HTML. Ya, Itu memang merupakan bagian penting, tapi bukan keseluruhan Dari yang kita bicarakan. HTML5 tidak hanya mendefinisikan tag <video>; ada juga yang sesuai DOM API untuk obyek video dalam DOM. Anda dapat menggunakan API ini untuk mendeteksi dukungan untuk format video yang berbeda, memutar video, jeda, audio berhenti, melacak berapa banyak video yang telah didownload, dan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk membangun pengalaman pengguna yang kaya di sekitar tag <video> itu sendiri .


2. Anda Tidak Perlu Membuang apapun

Suka atau tidak, kita harus sama-sama mengakui bahwa HTML 4 adalah format markup yang paling berhasil. Dan tentunya, HTML5 dibangun di atas kesuksesan itu. Anda tidak perlu membuang markup yang telah ada. Anda pun tidak perlu mempelajari kembali hal-hal yang sudah Anda ketahui. Jika aplikasi web Anda telah menggunakan HTML 4, anda pu tidak perlu khawatir karena masih akan bekerja di HTML5.

Nah, jika Anda ingin meningkatkan aplikasi web Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat. kenapa? karena HTML5 mendukung semua bentuk kontrol dari HTML 4, tetapi juga mencakup kontrol masukan baru. Beberapa di antaranya adalah penambahan lama tertunda seperti slider.

3. Sangat Mudah untuk Mulai Mengaplikasikan HTML 5

untuk melakukan Upgrade ke HTML 5 anda hanya perlu mengubah DOCTYPE Anda. DOCTYPE tersebut biasanya ada di baris pertama Tag HTML anda Contohnya seperti Berikut:

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">

nah, di HTML 5, hanya ada satu DOCTYPE yang dipergunakan yaitu:

<!DOCTYPE html>

Dan yang terpenting, setelah melakukan Upgrade ke HTML 5 anda tidak akan merusak markup yang ada, karena semua tag yang didefinisikan di HTML 4 masih didukung di HTML 5. Tapi selanjutnya, mau tidak mau anda akan memvalidasi elemen baru seperti <article>, <section>, <header>, dan <footer>.

4 Ini Sudah Bekerja

Menggambar pada kanvas, memutar video, desain bentuk yang lebih baik, atau membangun aplikasi web yang bekerja offline sudah dapat Anda temukan di HTML5. Browser seperti, Firefox, Safari, Chrome, Opera, dan browser ponsel sudah mendukung kanvas , video , Geolocation , penyimpanan lokal , dan banyak lagi. selain itu, Google pun sudah mendukung penjelasan microdata . Bahkan, Microsoft yang selama ini hanya mendukung bentuk standart akan mendukung fitur HTML5 di Internet Explorer 9 mendatang. Jadi jangan ragu lagi...

5 HTML 5 akan segera terwujud

Tim Berners-Lee Merupakan pencipta dunia web yang luas di awal 1990-an. Dia kemudian mendirikan W3C untuk membantu mengetahui standar web, yang telah dilakukan selama lebih dari 15 tahun. Berikut adalah apa yang dikatakan W3C tentang masa depan standar web, pada bulan Juli 2009:

Hari ini Direktur mengumumkan bahwa ketika XHTML 2 charter berakhir pada akhir tahun 2009, piagam ini tidak akan diperpanjang. Dengan demikian, dan dengan meningkatkan sumber daya dalam HTML Kelompok Kerja, W3C berharap untuk mempercepat kemajuan HTML5 dan memperjelas posisi W3C tentang masa depan dari HTML.

Itulah sebagian hal awal yang harus anda ketahui untuk melangkah maju dan tidak ragu lagi menggunakan HTML 5.



hosting indonesia

You Might Also Like

8 komentar:

  1. siip!! jangan permasalahkan browser kembangkan saja dulu..
    dive into html5..
    sebuah sintaks yang dasyat yaitu html5 canvas, yang bagiku setaraf dengan bahasa program tingkat tinggi seperti assembly, delphi, c++ dan oop, sepertinya lebih menjurus ke oop karena perhitungan biaya yang signifikan..aku sudah buat canvas dengan gayaku sendiri tapi belum berani publish animasi masih acak-acakan di context..masih ragu sob, aku dalami dulu,,

    BalasHapus
  2. @blogger admin
    gan, ane juga ingin belajar menggunakan canvas html 5.

    ada ga tutorial untuk belajar canvas html5 sendiri ...

    mohon ilmunya ya gan....

    BalasHapus
  3. hi teman
    kalau lo tahu cara mengaplikasikann html5 di mesin blogspot (bukan classic) tolong e-mail ya
    gue mau bikin blogazine dengan permainan canvas, tapi maunya pake blogspot jadi tetap perlu b:if
    good luck

    BalasHapus
  4. @ windy : KLo pengaplikasian untuk Valid aja, hanya perlu ganti DOCTYPE dan nambah Script untuk Support beberapa Browser yg gak support HTML5 ini, atau kadang ada yg support tapi pixelnya masih ngaco... klo untuk Canvas mungkin bisa dibilang konsepnya hampir kaya Object Oriented klo di Pemrograman... klo dibikin postingan pun kayanya butuh waktu agak lama, jadi klo mau mempelajarinya coba ke http://dev.w3.org/html5/spec-author-view/

    disitu penjelasannya udah lumayan lengkap....

    BalasHapus
  5. Wah sangat menarik seluruh isi dari artikel anda,saya juga belajar bagaimana memaksimalkan html5 tersebut walaupun dimulai dari dasar yang sudah jadi,salam kenal dari saya.
    terima kasih
    sudah numpang coret di blok

    BalasHapus
  6. @ Master Andi : Mau belajar dari awal atau dari yg udah jadi sama aja kok kang menurutku yang penting tau intinya :) salam kenal .... :)

    BalasHapus
  7. ijin copas, buat di share..
    sarana pembelajaran, terimakasih

    BalasHapus
  8. gan ijin blusukan di blog sampean ya, lagi pengen mendalami html ne

    BalasHapus