Blogger Tutorial

Fitur Baru Blogger.com, Tampilan Selluler Untuk Blog Anda [Mobile Friendly Template]

10.59,2 Comments




Okeh kali ini saya ingin mengajak anda untuk sedikit menengok Fasilitas Baru yang disediakan Blogger.com di dalam Draftnya yang masih dalam tahap beta jadi bisa saya katakan Fasilitas ini memang belum dipublish untuk Dahsboar Normal. Dan Fasilitas Baru yang dibuat Blogger.com beberapa waktu terakhir ini adalah Mobile Template, yang jika mau anda dapat membaca tulisan Versi Lengkapnya di Postingan New mobile templates for reading on the go yang Desember lalu sempat ditulis pihak Blogger.com di blognya. Atau klo anda males juga ngartiinnya, tenang aja ntar saya bahas satu-satu hhe...

Dulu banget, klo anda masih inget saya pernah ngasih tutorial agar Template anda bisa dibuka di Ponsel atau Handphone dalam keadaan normal dengan memanfaatkan Meta Mobile yang menurut saya cukup baik, Dan Akhir Tahun lalu, akhirnya secara mengejutkan Blogger.com mengeluarkan Fasilitas Mobile Templatenya agar Blog kita bisa benar-benar terbuka secara Normal di Ponsel atau Handphone tanpa harus menambahkan Meta apapun.

Dan setelah saya coba, ternyata jika dibuka dengan Handphone, secara otomatis Fitur ini akan langsung mereload Blog kita ke versi Mobile. Jadi ini salah satu fitur yang menurut saya wajib anda gunakan agar para Pengunjung Blog anda yang selama ini lebih sering menggunakan ponsel atau Handphone Untuk Blogging dapat lebih mudah membuka Blog anda.

Dan untuk menggunakannya, berhubung Fitur ini masih dalam tahap Beta (pengembangan) Jadi anda harus terlebih dahulu Mengunjungi Blogger In Draft, Untuk menuju kesana silahkan KLIK DISINI

Dan seharusnya anda akan mendapati Dashboard Versi Beta anda yang contohnya seperti Dibawah ini:

Setelah itu, Silahkan menuju ke Pengaturan atau klo Blog anda Pake Bahasa Inggris Silahkan Menuju Ke Setting >> Lalu klik Email Dan Selluler (Email & Mobile).

Jika Sudah anda akan langsung melihat Menu seperti ini:

Dan Silahkan Centang kata-kata:

Ya, Pada perangkat seluler, tampilkan versi seluler template saya(Yes, On mobile devices, show the mobile version of my template).

Jika Sudah Save Setting atau Simpan Setelan. Dan secara otomatis Blog anda sudah akan terbuka secara Friendly di perangkat Mobile. atau untuk ng'liat hasilnya silahkan Klik Pratinjau Selluler, yang harusnya tampilannya jadi kaya gini:


So, Itulah Hasil Akhir template Blog anda dalam keadaan Mobile.

Lantas apa kelebihan Fitur baru ini?

1. Reload Otomatis.

Silahkan Cek dan buka Blog anda melalui perangkat Mobile untuk membuktikan bahwa template anda akan langsung terbuka dalam Versi Mobile. Cuma sayangnya untuk waktu dekat ini Blogger.com baru mendukung Browser berbasis WebKit, terus gimana dengan kita yang masih menggunakan Browser Opera mini dan lainnya? anda bisa membuka Blog anda dengan alamat ini http://dj-note.blogspot.com/?m=1 (silahkan ganti dengan alamat Blog anda).

2. Tampilan Yang Simple

Karena dibuka Secara mobile, Secara Otomatis Blogger.com pun akan membuang beberapa fungsi seperti Sidebar, cuma tenang aja Header, Profil, bahkan Adsense anda akan tetap terlihat.

3. Google Adsense

Nha klo anda menampilkan Google Adsense, iklan tersebut akan secara otomatis ditampilkan dibagian atas postingan anda atau dibagian bawah, kebetulan saya lagi gak niat masang karena udah make Buzz City dan Addmob untuk Mobile Ads :D

4. Komentar Dan Video

Biarpun dibuka Secara Selluler, anda tetap dapat meninggalkan komentar di blog yang anda buka, serta yang lebih hebatnya andapun bisa menyaksikan Video yang di embed kedalam postingan :D keren bukan?

So, saya pribadi menganjurkan anda untuk memakai fasilitas ini.




hosting indonesia

You Might Also Like

2 komentar: