[ADS] Top Ads

Panduan Lengkap Membuat Website Gratis (Free Website) Atau Website Komunitas Dengan Spruz.com



Okeh, setelah lama gak muncul dan ngasih tutorial karena mesti ngurus Blog inti saya yang lain, kali ini saya mau ngajak anda untuk melirik satu lagi Platform yang mungkin bisa anda manfaatkan untuk membuat sebuah blog gratis(Free Blog).

Dan kali ini saya ingin mengajak anda untuk melirik http://www.spruz.com/. Dan Platform satu ini dijamin Free atau Gratis dan gak mewajibkan anda untuk membayar Domain serta Hostingannya setiap tahun. Tapi jika anda lebih suka Versi Berbayarnya, seperti halnya Wordpress, spruz pun menyediakan Versi berbayarnya untuk anda para member Premium.

Dan mungkin jika boleh menilai, saya lebih suka menyebut Spruz sebagai gabungan antara Blog/ website, komunitas serta Social Networking. karena itulah yang memang akan anda dapati nantinya.

Dan tanpa buang waktu, kali ini saya akan mengajak anda untuk melakukan Pendaftaran dan Registrasi untuk mendapatkan sebuah Free Website untuk anda milik. Siap untuk membuatnya? Mari kita buat bersama...

1. Buka Browser anda dan gunakan tab baru dan tuliskan http://www.spruz.com/ di address bar anda atau secara Instans silahkan KLIK DISINI.

2. Anda akan mendapati tampilan Homepage seperti dibawah ini:

Dan disana anda dapat membaca sendiri keterangan yang dipaparkan pihak Developer mengenai Website ini. Dan karena disini niat kita adalah menjadi Member Free, maka saya hanya akan membahas pelayanan yang kita dapat sebagai Free Member. Dan berikut beberapa Fasilitas yang kita dapat :

1. Up to 250 Members (Artinya kita dapat menampung Anggota Member Komunitas kita sebanyak 250 orang untuk bergabung di Free Komunitas yang kita buat)
2. 100MB File Space ( Batas Maksimal File yang dapat kita upload hanya sekitar 100 MB)
3. Theme Customization (Kita dapat merubah Tampilan LayOut atau Themesnya)
4. Member Management (Kita dapat memanage member yang bergabung didalamnya)
5. Analytics Features (bisa dibilang hampir kaya Google Analytic)
6. Member Groups (Membuat Group-group tertentu didalam komunitas tersebut)
7. Chat and IM (Fungsi Social NetworK)

Dan terhitung sampai hari ini, sudah sekitar 471, 656 Orang yang memanfaatkan situs ini. tergolong banyak untuk Platform yang baru berusia 4 tahun.

Dan untuk melakukan Pendaftaran anda bisa Mengklik Sign Up And Cretae a site! dipojok kanan atas atau mengklik tombol start yang berwarna hijau.

3. Anda akan dihadapkan pada Form Regsitrasi seperti dibawah ini:


Dan disitu silahkan isikan data sesuai keinginan anda:

1. Isikan Enter Your E-mail address dengan alamat E-mail anda. Contoh: saya@gmail.com
2. Isikan select a Display/Profile Name dengan nama Profil yang anda inginkan, yang nantinya akan anda lihat di bagian kanan atas seperti halnya Facebook.
3. Isikan Select a Password dengan Password yang anda inginkan
4. Isikan Confirm Your Password dengan kembali mengetikkan Password yang sama.
5. Isikan What is Your First Name dengan nama Depan anda *bisa ngasal
6. Isikan What Is Your last name dengan nama tengah dan belakang anda *bisa diasal
7. Isikan Birth date dengan tanggal lahir anda
8. Isikan Both Protection dengan mengetikkan keyword capta yang diminta.
9. Centang Receive important news and update jika anda ingin berlangganan kabar terbaru dari E-mail anda, jika tidak tidak perlu dicentang
10. Centang Agree to Website Service Agreement sebagai tanda persetujuan anda untuk bergabung dengan Situs ini.
11. Klik Continue

4. Dan anda akan dibawa ke Page seperti dibawah ini:

Dan silahkan isikan Nama Komunitas yang ingin anda tampilkan sebagai Url anda nantinya dengan mengganti keterangan Enter yotu Community. Jika sudah klik Continue.

5. Pihak Spruz akan melakukan registrasi ulang dan mendaftarkan domain anda ke database mereka. dan tampilan saat Proses pembuatan Website terjadi adalah seperti dibawah ini:



6. Domain Website anda sudah tersedia dan anda hanya perlu melakukan Login dengan E-mail dan Password yang anda gunakan untuk masuk ke akun anda.

7. Isikan Alamat E-mail dan Password yang anda gunakan Dan submit untuk masuk ke Akun anda masing-masing.



8. Karena, anda adalah member baru, untuk itu anda harus melewati 3 step atau tahapan untuk sampai ke akun website anda. dan yang pertama harus anda lewati adalah Site Content Wizard, dimana anda diminta mengisikan Keterangan yang berkaitan dengan website yang anda buat seperti kategori website, Judul Website yang akan terlihat di Title bar dari Browser anda, Detail Website anda, serta Tag yang nantinya akan mengarah ke Website anda. dan tampilannya seperti dibawah ini:


Jika sudah Klik Continue

9. Anda diminta mengisikan tentang Komunitas yang ingin anda buat disini, Contoh anda bisa menuliskan Skaters Commnunity. Dan disini yang saya tuliskan adalah Blogging Commnunity Penampakannya seperti dibawah ini:

Jika Sudah silahkan Klik Save & Complete dan Keterangan Website anda bisa dikatakan sudah sempurna. Namun tunggu dulu, karena anda masih harus melewati beberapa tahap lagi.

10. Anda bisa memilih Themes atau template yang nantinya akan anda gunakan. Contohnya disini saya menggunakan Army Themes 2. penampakannya seperti dibawah ini:


Jika sudah mendapatkan Themes yang sesuai, silahkan Klik Themes tersebut, dan anda akan mendapati Dialog Box Pop-up seperti dibawah ini:

Dan silahkan Klik Use Theme

11. Anda akan dibawa ke Domain baru anda yang telah rampung anda buat, dan karena dalam contoh ini saya membuat domain dj-site.spruz.com jadi hasil akhirnya adalah seperti dibawah ini:

12. Website Gratis anda telah siap dan dapat digunakan untuk saling berbagi dengan komunitas anda... Dan silahkan lakukan Perubahan sesuai keinginan anda.

Selamat Mencoba....


10 komentar

  1. makasih sharenya..spruz memang powerfull bahkan ada layanan chatnya tapi sayangnya ada batasan 250 member...

    BalasHapus
  2. @ tas wanita: Sama2 kawan... batasan 250 member cuma ditunjukkan untuk Free Account koQ, klo sobat mau pake Versi Berbayarnya ya gak ada batasan member mesti 250 hhe...

    BalasHapus
  3. thanks atas informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. makasi atas info ny namung sys blum gerti

    BalasHapus
  5. @ Hasbi Adam: sama2 Sob... :)

    @ SELAMAT DATANG : Sama2 Sob.... dipahamin pelan2 aja Sob... bisa dibilang ini Platform Forum Gratisan klo kita gak mau susah payah nginstall.... tapi klo mau nginstall pun banyak kok Platform yg tersedia kaya SMF, Vbulletin atau phpBB dan lainnya.. :)

    BalasHapus
  6. Wah, bisa dicoba nih. Thengs gan infonya

    BalasHapus
  7. Mantap pak
    Tutornya sangat membantu saya

    BalasHapus
  8. Mantap pak ijin menerapkan

    BalasHapus
  9. Cara Menambahkan Teman Ke Grup Gimana Ya.

    BalasHapus
  10. Websitenya bagus, tapi gak aman browsernya, tanpa http://

    BalasHapus

Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies