Blogger Tutorial

Cara Menginstall Platform Wordpress di Domain Dan Hosting Pribadi!

17.28,1 Comments


Okeh, mengawali postingan perdana di bulan ini, saya mau memenuhi request tentang penginstallan Platform Wordpress di Domain dan hostingan pribadi. Domain dan hosting pribadi disini, saya asumsikan suka-suka dan terserah anda masing-masing, klo anda lebih suka pake yang Gratisan ya monggo pake Domain dan Hosting Gratisan, tapi klo anda lebih suka pake yang berbayar monggo juga pake yang berbayar. Lantas tutorial untuk instalasi yang mana yang akan saya tulis? yang Gratisankah? atau yang berbayar? saya akan coba tulis keduanya.

Dan saya akan mulai dari Instalasi di Domain dan Hosting yang keduanya berbayar.

Okeh, jika pilihan anda jatuh pada Domain dan Hosting Berbayar, entah anda mempercayakan domain dan hosting tersebut di penyedia manapun, saya rasa anda bisa men-skip postingan ini, karena menurut pengalaman saya, penyedia jasa Hosting berbayar sudah menyediakan kemudahan di Cpanel mereka, yang artinya anda tidak perlu meng-upload Script Platform itu sama sekali untuk melakukan Instalasi, dan anda hanya perlu memilih Platform apa yang anda inginkan pada list Platform yang mereka sediakan (Wordpress biasanya jadi pilihan pertama untuk Platform Blog) dan tinggal mengklik next hingga Platform Wordpress siap anda gunakan, karena mereka memang akan langsung mengintegrasikan Database untuk blog anda nanti dengan Instalasi yang anda lakukan.

Selanjutnya, Instalasi di Domain dan Hostingan yang keduanya Gratisan.


Sebenernya sih klo Blog yang mau anda bikin dengan Platfrom Wordpress ini, nantinya cuma akan digunakan untuk Uji Coba atau sekedar pengen tau doank gimana rasanya Ngeblog pake Wordpress, saya lebih menyarankan anda menggunakan Domain Dan Hosting Gratisan.

Kenapa? disini saya gak ada maksud nyuruh atau memaksa anda sama sekali, atau lebih tepatnya saya cuma nyaranin doank dengan maksud klo emank nantinya anda lebih menyukai Platform Wordpress dan ingin terus ngeblog pake Platform Wordpress, ya nanti anda tinggal beli domain dan melakukan Back-up file anda di hostingan Gratisan itu aja, dan klo nantinya mau diarahkan ke yang berbayar lha nggeh monggo, atau klo masih tetep mau pake Hosting Gratisan kan anda juga cuma tinggal ngarahin domain baru anda ke database sebelumnya toh hhe...

Nah, itu kenapa klo cuma sekedar nyoba, saya lebih nyaranin anda pake yang serba Gratisan, toh nantinya anda tinggal ngarahin databasenya doank kan klo mau upgrade ke yang berbayar :)

Dan sebagai Contoh saya akan pake Domain Gratisan dari Co.Cc dan hostingan yang juga gratisan dari phpnet.us. Perlu diperhatikan, bahwa keduanya baik Domain maupun Hostingan gak saya rekomendasikan sama sekali, karena untuk Domain Co.Cc, seperti yang anda tau bahwa Domain tersebut sudah dihapus dari hasil pencarian Google atau dengan kata lain sudah di de-index oleh Google dan untuk Hostingannya sendiri, sebenernya lumayan, tapi mengingat space yang disediakan masih dibawah 500 MB dan ada hostingan Gratis lain seperti 000webhost.com yang menyediakan space 1,5 GB, jadi menurut saya alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan Domain dan hosting Gratisan lain.

Lantas Domain dan Hosting Gratisan apa yang kira-kira cocok untuk anda manfaatkan? klo mau rekomendasi, saya lebih suka ngasih rekomendasi domain .tk dan hostingan 000webhost.com untuk anda manfaatkan. Kenapa? karena keduanya baik domain maupun hostingan, menurut saya termasuk yang paling stabil dan jarang mengalami masalah atau maintenance, ketimbang domain dan hosting gratisan lain dan untuk masalah SERP's sampe hari ini domain .tk masih ke index kok di Google dan Search Engine lain, jadi gak ada masalah kayanya untuk dipake hhe...

Yang jadi pertanyaan kedua adalah, Gimana Cara Settingnya?

Karena yang mau saya contohin adalah Co.Cc, jadi untuk settingan awal, silahkan baca postingan saya berikut ini: Cara Setting Domain .co.cc

Dipostingan itu saya udah jelasin mulai dari proses daftar sampe proses setting. Dan karena domain yang kita buat nantinya akan kita arahkan ke Hostingan diluar Blogspot, jadi silahkan baca postingan tersebut sampe Langkah A saja, dan gak usah baca Langkah B dan C.

Udah dibaca sampe Langkah A? klo udah kita lanjut, karena tadi saya bilang yang akan saya pake adalah Hostingan phpnet.us, So yang akan kita isi di Name Server adalah Server dari phpnet.us, yaitu:

ns1.byet.org
ns2.byet.org
ns3.byet.org
ns4.byet.org
ns5.byet.org

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini (Silahkan Klik untuk memperbesar gambar jika dirasa kurang jelas):



Klo udah silahkan Klik Set Up. Lantas gimana klo yang akan anda pake adalah 000webhost.com yang diawal tadi saya rekomendasikan? gampang tinggal anda rubah aja nama servernya ke:

ns01.000webhost.com
ns02.000webhost.com

Klo udah Klik Set Up.

Nah, layaknya Domain berbayar Co.Cc pun butuh waktu untuk resolve domain dan klo saya gak salah paling lama 48 jam domain anda udah bisa dipake. Oiya, klo yang anda manfaatkan domain .tk isi name server 000webhost diatas ketika anda melakukan registrasi.

Lanjut, karena proses setting domainnya udah, selanjutnya kita akan beralih ke Hostingannya.

Pertama silahkan Lakukan registrasi dulu, terserah lah anda mau pake Hostingan apa hhe.. tapi yang saya contohin tetep phpnet.us sama 000webhost hhe... Udah? klo udah sebelum lebih jauh di Hostingan, silahkan Download Script untuk penginstallan Wordpressnya dulu di Wordpress.org atau klo mau Direct silahkan KLIK DISINI

Udah selesai Di Download? klo udah kita kembali ke Hostingan. perlu diingat, karena yang kita manfaatkan adalah Hostingan Gratis, pasti ada beberapa kelemahan yang harus kita akalin, salah satunya hostingan Gratis biasanya membatasi ukuran Upload hanya sampai 3-5 MB, jadi klo File Instalasi Wordpressnya terlalu gede, silahkan Extract file tersebut dan kompres kembali ke ext. .Zip atau ext. lain yang disupport berdasarkan Folder-folder yang tersedia dan untuk file yang gak punya Folder silahkan satukan dalam satu attachment.

Apa Masalahnya udah tuntas? untuk masalah space udah, tapi untuk lainnya belum, karena perjalanan kita masih panjang haha... Ada yang mau nyeduh kopi dulu? klo ada saya persilahkan karena kita emank baru setengah jalan...

Lanjut, untuk yang pake phpnet.us silahkan LogIn ke Cpanel anda masing-masing, dan silahkan cari menu

Domains » Addon Domains » isikan nama domain yang sudah anda buat tadi dan klik » Add Domain

Dan untuk anda yang pake 000webhost, silahkan:

Create New » isi nama domain yang anda buat tadi, masukkan password » klik Set Up.

Untuk kedua hostingan diatas, butuh waktu 1X24 jam hingga Domain aktif di hostingan mereka. Dan klo udah aktif silahkan LogIn lagi ke Cpanel masing-masing dan untuk yang pake phpnet.us cari:

Database Management, perhatikan gambar dibawah ini:


Dan Klik MySQL Databases, hingga reload ke page baru dan buat database baru dengan nama terserah anda, tapi saran saya yang simple aja misal "wp", untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

Okeh sampe disini, kita udah punya database baru hhe... terus gimana untuk anda yang make 000Webhost.com? silahkan Login ke Cpanel anda masing-masing cari menu » Software / Services, perhatikan gambar dibawah ini:


Klik MySQL, maka anda akan dibawa ke page berikut ini:

Isi nama database sesuka hati anda, tapi klo saya lagi-lagi menyarankan nama yang simple misal "wp" dan isi password, samain aja sama Password LogIn anda biar gampang diinget. klo udah klik Create Database.

Okeh sampe disini, kita udah mengintegrasikan Domain dan Hosting serta membuat Databasenya, So yang akan kita lakukan selanjutnya adalah tahap penginstallan hhe...

Untuk yang pake phpnet.us cari menu File Management » Klik Online File Managers, maka akan terbuka tab baru yang penampakannya kaya gini:


Silahkan klik New Dir, dan isi kolom New directory name yang paling atas dengan nama domain anda misal saya.co.cc (gak usah pake www atau http://)


Klo udah diisi klik Icon yang warna Hijau. Maka sebuah Folder dengan nama domain sudah tersedia, tugas anda selanjutnya adalah mengklik folder tersebut dan meng-upload instalasi Wordpress yang sudah anda pisah-pisah tadi satu-persatu. Caranya, klik Upload pilih yang sebelah kanan Archives (zip, tar, tgz, gz), Browse Filenya, klo gak mau bolak-balik add another aja sampe semua File masuk, kemudian klik Icon warna Hijau dan tunggu proses upload sampe selesai. Nanti bentuknya kaya waktu sebelum di kompress.

Okeh untuk yang pake phpnet.us silahkan ngopi dulu, karena saya mau jelasin untuk yang pake 000webhost.com dulu. untuk anda yang pake 000webhost.com silahkan cari Menu File » Klik File Managers, untuk lebih jelasnya liat gambar dibawah ini:


Dan anda akan dibawa ke tab baru yang penampakannya sama kaya File Managers milik phpnet.us, cuma bedanya disini anda gak perlu bikin directory baru, karena satu File managers hanya akan digunakan untuk 1 Domain, dan klo anda mau Install Script di domain lain ya Create Domain baru dulu di Cpanel. Prosesnya sama, silahkan Upload Script Wordpressnya, mungkin bedanya disini bates maksimal lebih besar yaitu 5 MB hhe... pokoknya cara dan bentuk File Managersnya sama kaya contoh untuk phpnet.us.

Klo proses Installasi udah kelar, baik untuk anda yang menginstall domain di phpnet.us maupun untuk anda yang menginstall domain di 000webhost.com, silahkan buka domain tersebut. Iya, domain yang anda bikin diawal tadi itu... Nah, sampe disini udah gak ada perbedaan jadi caranya sama aja cuma beda di settingan aja.

Klo file yang anda upload udah lengkap, harusnya penampakan kaya gini yang akan anda dapati:

Klik Ciptakan Berkas Konfigurasi, maka anda akan dibawa pada page berikut ini:

Klik Ayo, maka anda akan dibawa pada page berikut ini:

1. Isi nama Database dengan database yang anda buat tadi klo di phpnet.us contohnya pn_81236xx_wp, dan untuk yang pake 000webhost.com contohnya a86230xx_wp.

2. Isi Nama pengguna dengan ID anda, klo di phpnet.us contohnya pn_81236xx, dan untuk yang pake 000webhost.com contohnya a86230xx.

3. Isi kata sandi, terserah apapun.

4. Isi Host basis Data, untuk yang pake phpnet.us isi dengan sql100.phpnet.us, untuk yang pake 000webhost isi dengan mysql7.000webhost.com

5. Isi awalan tabel dengan nama tabel yang anda buat tadi, klo saya kan wp jadi saya isi wp_

Klo udah klik Setor, maka anda akan dibawa pada page berikut ini:

Klik Menjalankan Instalasi, maka selanjutnya anda akan dibawa pada page berikut ini:


Silahkan isi judul blog dengan Judul Blog yang anda inginkan, Isi nama pengguna dengan Username untuk Login nanti (cari yang gampang aja), isi password dan isi Email selanjutnya klik Install Wordpress, maka anda akan dibawa pada page berikut ini:

Klik Masuk Log, maka anda akan langsung dihadapkan pada Page LogIn Wordpress yang menandakan Proses Instalasi telah sukses. Dan anda dapat langsung masuk dengan Username dan kata sandi anda, dan melihat Dashboardnya, yang penampakannya seperti berikut:

Dan tampilan Frontpage Default dari Blog anda, yang penampakannya kaya gini:


Sampe disini, kita udah selesai menginstall Platform Wordspress di Domain dan Hostingan Pribadi. Untuk masalah settingan, themes, plugin, dan lainnya silahkan diatur sendiri seperlu anda.

Dan untuk anda yang mau melakukan Instalasi setengah-setengah, yaitu Domain berbayar tapi Hosting tetep Gratisan, caranya sama kaya Instalasi yang serba Gratisan diatas, bedanya cuma pada Cpanel Domain anda, dan klo pas beli Domain anda udah beli Manage DNS-nya anda tinggal cari aja Menu Name Server dan isi dengan :

ns01.000webhost.com
ns02.000webhost.com

Tunggu 1X24 jam sampe domain resolve dan, lakukan Instalasi dengan cara yang sama...

Gimana? Gampang kan? hhe... sebenernya cuma butuh kesabaran klo menurut saya, soalnya yaitu prosesnya kemana-mana, gak kaya anda daftar di Wordpress Gratisan yang tinggal klik-klik doank haha... :)

Untuk anda yang mau ikut nyoba saya persilahkan, dan klo ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di kotak komentar InsyaAllah klo ada waktu saya jawab, biarpun mungkin jawaban saya bakal telat karena yang harus saya urus bukan blog ini doank haha... :)

Good Luck All... :)



hosting indonesia

You Might Also Like

1 komentar:

  1. Iya bang sob, prosesnya memang kemana-mana.
    Tidak seperti daftar blog WP aja.
    seperti yg dikatakan bang sob sendiri, kalau buwat blog tinggal klik-klik aja.
    bwahahak. . .

    BalasHapus