Baidu

Bagaimana Cara Mengoptimasi SEO di Baidu?

20.38,6 Comments


Saya yakin banyak diantara anda yang pernah bahkan sangat sering menemukan postingan yang menjelaskan tentang cara mengoptimasi SEO (Search Engine Optimization) Blog di Search Engine seperti Google, Yahoo!, Bing dan Ask. Tapi pernahkah anda mendengar nama Baidu?

Baidu merupakan Search Engine lokal yang paling populer di China, bahkan saking populernya peringkat penggunaan Search Engine ini di China sudah melampaui angka para pengguna Search Engine "Google China" disana. Dan yang lebih hebat dari Search Engine lokal yang satu ini adalah menurut data terakhir yang dikeluarkan oleh sebuah survei yang bergerak dalam bidang Internet, kepopuleran Baidu bahkan sudah mengalahkan Wikipedia.

So, gak salah rasanya klo banyak Blogger, Internet Marketers dan para Freelance yang menggantungkan hidupnya dari Bisnis Internet mulai sedikit melirik Search Engine yang satu ini dan mulai melakukan berbagai cara yang bisa mereka lakukan agar blog atau website mereka lebih cepat terindex dan muncul dalam hasil pencarian Baidu. Tapi sayang, banyak diantara mereka gak tau klo Algoritma yang digunakan oleh Baidu dalam menampilkan hasil pencariannya, justru sangat jauh berbeda dengan Algoritma yang digunakan oleh Google, Yahoo!, Bing dan Ask.

Karena Algoritma yang saat ini digunakan oleh Baidu justru merupakan Algoritma yang sudah sejak lama diperbaharui oleh Google, Yahoo!, Bing, Ask dan Search Engine besar lainnya untuk memerangi jumlah SPAM dalam hasil pencarian mereka masing-masing.

Itu kenapa, bahkan Orang China sendiri mengakui bahwa mereka masih lebih suka melakukan pencarian dengan menggunakan Google China ketimbang dengan Baidu, karena saat melakukan pencarian di Baidu, seringkali mereka justru menemukan hasil pencarian yang tidak logis atau tidak sesuai dan bahkan banyak diantaranya hanya berupa SPAM dan AGC (Auto Generate Content). Kenapa? karena Algoritma Baidu memang tidak membatasi Blog SPAM dan AGC untuk masuk dalam hasil pencarian mereka.

Lantas jika Orang China sendiri mengakui bahwa Hasil Pencarian Google lebih relevan dibandingkan dengan dengan hasil pencarian Baidu, kenapa Baidu masih meraih simpati banyak netter di China?

1. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh China Internet Network Information Center (CNNIC), alasan terkuatnya adalah karena banyak netter dinegara tersebut yang mengeluhkan Server Google Cina yang sering terganggu atau Down, dan hal itu justru menyebabkan banyak pengguna internet di China merasa frustrasi dan lebih memilih untuk menggunakan Search Engine mereka sendiri.

2. Karena rakyat China punya rasa Patriotisme yang tinggi terhadap negaranya, itu kenapa mereka sangat menghargai produk apapun yang dibuat oleh negaranya, termasuk Baidu sebagai Search Engine lokal buatan negara mereka.

3. Karena Baidu sudah lebih dulu ada di China sebelum Google meluncurkan Google China mereka.

4. Karena Baidu sudah sangat terkenal dengan hasil pencarian file MP3-nya yang disebut-sebut mengalahkan hasil pencarian semua Search Engine besar lainnya. Dan karena rata-rata pengguna Internet China merupakan orang-orang muda yang sering mencari file-file lagu dalam bentuk MP3, maka tidak heran jika popularitas Baidu tetap belum tergantikan di negri asalnya itu.

Tapi jangan salah, biarpun begitu, para profesional dan orang-orang terpelajar china yang berlatar pendidikan diluar negri tirai bambu itu justru lebih suka menggunakan Google China untuk melakukan pencarian. Dan hal itulah, yang justru berdampak cukup positif untuk Google, biarpun sampai saat ini kedudukan Baidu di China tetap belum tergantikan oleh Search Engine manapun juga.

Lantas point-point apa saja yang dapat membantu anda melakukan Optimasi SEO di Baidu?

1. Perhatikan Judul, Meta Tags, Meta description dan Meta keywords

Sama halnya dengan Search Engine lain, Judul dan Meta Tags juga merupakan hal penting yang diperhatikan oleh Baidu dalam menampilkan hasil pencariannya, tapi diluar 2 hal itu, berbeda dengan Search Engine lain, baidu justru lebih memperhatikan Meta description dan Meta keywords untuk menampilkan hasil pencarian.

2. Perhatikan Konten Anda

Bisa dibilang, konten yang anda buat punya peran sekitar 6-12% untuk mempengaruhi SEO Blog anda di Baidu, karena Baidu pun termasuk Search Engine yang memperhatikan relevansi isi konten blog anda dengan keyword yang di Inputkan di Search Engine mereka, biarpun lagi-lagi relevansinya masih sangat kecil hhe, itu kenapa saya katakan bahwa konten yang anda buat hanya akan memberikan pengaruh tidak lebih dari 12%.

3. Tuliskan sebanyak mungkin tag dan Kata Kunci yang ingin anda tembak.

Tidak seperti Search Engine lainnya, Algoritma yang digunakan oleh Baidu justru tidak dapat mendeteksi kualitas link yang muncul dalam hasil pencarian mereka, So biarpun konten yang anda tulis cuma sedikit, klo tag atau Keyword yang anda ketikkan secara manual dipostingan anda cukup banyak, itu sudah cukup mempengaruhi peringkat blog anda untuk muncul dalam hasil pencarian mereka.

4. Gunakan Bahasa "Simplified Chinese" jika anda ingin blog atau website anda lebih terkenal di Baidu.

Satu hal yang harus anda tau, Baidu akan lebih mengutamakan situs-situs yang menggunakan Bahasa "Simplified Chinese" untuk masuk dalam hasil pencariannya, bahkan sekalipun yang anda inputkan adalah keyword dalam bahasa Inggris.

5. Masukkan kata kunci yang ingin anda tembak kedalam isi postingan anda

Jika di point no.3 saya menyuruh anda memasukkan sebanyak mungkin Tag dan kata kunci yang ingin anda tembak, kali ini, satu rahasia yang kembali ingin saya buka kepada adalah bahwa Baidu ikut mengindex Kata Kunci yang secara manual anda masukkan kedalam isi postingan anda (bukan tag, melainkan termasuk isi postingan). So, sedikit banyak hal itu ikut berpengaruh.

6. Gunakan Hosting asal China untuk Blog atau Website anda

Disini saya gak nyuruh anda beli Nama Domain .com.cn atau .cn, tapi klo memang anda ingin mengincar pasar pencarian China ada baiknya anda menggunakan Jasa Hosting dari negara tersebut, karena hal itu sangat membantu Baidu dalam menampilkan hasil pencarian.

7. Tentukan Pasar Geografis yang ingin anda incar.

Perlu anda tau, bahwa Baidu bukan hanya Search Engine yang dianggap penting di China namun juga Search Engine yang sangat penting di Hong Kong dan Taiwan, itu kenapa bahasa yang akan anda gunakan memegang peranan yang sangat penting untuk dapat masuk kedalam hasil pencarian mereka. Dan jika pasar yang anda incar adalah Hong Kong dan taiwan saran saya, gunakan bahasa "traditional Chinese"

8. Gunakan Struktur Navigasi sesederhana mungkin

Bagi Baidu, Struktur Navigasi yang anda gunakan justru sangat berpengaruh, karena semakin panjang navigasi yang anda gunakan untuk link-link postingan anda, baidu justru akan mengabaikan blog atau website anda.

9. Baidu Sangat memperhatikan Duplicate Content.

Bisa dibilang Baidu lebih memperhatikan masalah Duplicate Content ini ketimbang Search Engine lainnya.

10. Backlink anda mempengaruhi posisi blog anda

Kabar buruk yang harus anda tau, yaitu bahwa Baidu tidak menyukai banyak Outbound link. So, lebih baik persiapkan banyak konten dari pada banyak backlink, karena backlink buruk yang mengarah kepada anda, justru akan ikut memperburuk reputasi blog atau website anda dimata mereka.

11. Jangan Harap ada cara Blackhat yang dapat anda gunakan.

Berbeda dari Google yang dapat diakali dengan cukup mudah untuk membuat blog atau website kita terindex dengan lebih baik, di Baidu anda tidak akan pernah berhasil menerapkan semua cara tersebut, karena Baidu memang tidak akan secara instant memperhatikan blog atau website anda.

12. Hindari penggunaan Flash dan Javascript.

Hal lain yang harus anda tau, adalah bahwa Bahwa Baidu sangat membenci konten yang disusupi dengan Flash atau Javascript. So, jangan gunakan terlalu banyak Flash dan Javascript.

13. Submit Blog atau Website anda ke Directory mereka.

Dengan melakukan Submit ke Directory mereka, Blog atau Website anda tentunya akan lebih mudah dikenali oleh mereka, dan untuk caranya silahkan tunggu postingan saya selanjutnya.

14. Beriklanlah di Baidu

Percaya atau nggak, dengan beriklan di PPC mereka, reputasi Blog anda akan terangkat dengan sendirinya :)

Mungkin itu beberapa Point dasar yang dapat anda perhatikan untuk Mengoptimasi SEO Blog atau Website anda di Baidu....

Good Luck All... :)



hosting indonesia

You Might Also Like

6 komentar:

  1. waw... pasar cina memang luar biasa besar.. baidu masuk ke dalam salah satu search engine yang diperhitungkan. karena jumlah penggunanya di negrinya sendiri

    BalasHapus
  2. sempat kepikiran lagi yg tawaran dari aff yg didevelop di negeri boboho dan hari ini aku sepertinya tergoda,
    sayang aku gak biso boso cino, sampean buka kursus cina gak? *gubrak*

    BalasHapus
  3. makasih gan infonya, aku tadi sudah bacar cara submit ka baidu. tapi blog saya blog pendidikan apakah juga akan di index?

    BalasHapus
  4. emang keren orang china.. selalu punya produk tiruan yg gak kalah saing,, ayo indonesia jg luncurkan SE yg top dong.. biar pada beralih dr google

    BalasHapus
  5. Perkembangan cina memang diacungi jempol. Lewat search engine baidu nya sudah diperhitungkan saat ini. Browsernya juga ga kalah.

    BalasHapus
  6. Belum lagi ketika saya mencoba pasar aplikasinya. Ini wadah yang bagus untuk developer lokal.

    BalasHapus