Isue

Waspadalah! Banyak Template Gratisan di Inject Iklan Google AdSense Oleh Pembuatnya

10.07,8 Comments


Sekitar 2 minggu lalu, ada temen Blogger yang nanya ke saya Via E-mail, yang inti pertanyaannya adalah seputar Template yang baru aja diganti dan digunakannya.

Oh, cuma masalah ganti template tah kang, terus masalahnya? masalahnya adalah setelah dia ganti template, blog yang digunakannya mendadak bisa menayangkan iklan Google AdSense secara otomatis, padahal kata yang punya blog, seumur-umur dia belum pernah di Approve sama pihak Google AdSense dan juga gak pernah masang kode iklan apapun di blognya. Dan yang jadi pertanyaannya adalah:

Apakah blog yang digunakannya telah di Approve oleh Google AdSense tanpa diberi pemberitahuan terlebih dahulu ataukah ada kesalahan pada template yang didownload-nya?


Pertama, berdasarkan pengalaman saya, Google AdSense pernah 2 kali meng-approve saya tanpa pemberitahuan apapun, tapi biasanya setelah 2 atau 3 minggu klo akun itu emank di Approve, mereka pasti ngasih E-mail yang isinya panduan cara menggunakan Akun AdSense dan cara memasang iklan mereka di Blog anda. So, klo anda gak nerima E-mail "Newbie Central" tersebut, saya rasa anda belum di Approve oleh mereka, dan cara gampang ng'ceknya masuk aja ke Google.com/adsense, pokoknya klo bisa nyampe dashboard berarti anda di Approve tapi klo gak bisa ya berarti belum di Approve atau bahkan udah ke banned andai anda pernah punya akun :)

Kedua, pikir aja secara logika, gimana caranya coba Google AdSense ujuk-ujuk nayangin iklan di Blog anda tanpa anda pernah masukkin kode iklan mereka atau nyetting kode tersebut ke blog anda?

Nah, dari situ aja udah aneh kan? apalagi untuk kasus yang satu ini, si penanya udah bilang duluan kan diawal klo dia belum pernah di Approve dan bahkan gak pernah masang kode iklan apapun di blognya hhe...

So, jawaban untuk kasus yang satu ini adalah adanya kecurangan, keisengan atau bahkan kesengajaan yang dilakukan oleh si Pembuat template dengan memasang iklan Google AdSense miliknya disetiap template yang dipublishnya. Dengan taruhan, berikut ini:

Andai template itu digunakan oleh Blog yang punya konten cukup berkualitas artinya akun AdSensenya akan aman dan dia juga akan mendapat Traffic tambahan untuk iklannya, atau sebaliknya template itu justru bisa membahayakan akun AdSensenya andai yang menggunakan templatenya adalah blog yang punya kualitas low bahkan gak masuk kriteria yang diminta oleh Mbah Google. Tapi itu semua masalah dia sih haha...

Dan sebagai pembuktian, berikut kode iklan hasil Inject yang berhasil saya temukan:

Dan hasil dari Inject-an tersebut, dapat anda lihat pada gambar paling atas...

Dan untuk anda yang sudah terlanjur terperangkap jebakan sang pembuat template, silahkan gunakan CTRL+F dan cari kata google_ad atau ca-pub ditemplate tersebut dan jika ketemu, silahkan langsung hapus keseluruhan Scriptnya atau gantikan script iklan tersebut dengan iklan anda sendiri. Dan sebagai sedikit tambahan, dari template yang dipermasalahkan saya menemukan link yang mengarah ke Borneo Template, jadi tolong lebih waspada jika anda pernah mendownload template ditempat tersebut.

Dan untuk sang pembuat, saya cuma pesen satu hal, klo anda mau berbagi silahkan berikan template yang ingin anda bagikan itu dengan bener-bener ikhlas, atau klo anda merasa tidak ingin membagikannya secara Free silahkan tulis "Premium Template" :D

So, untuk anda semua yang suka gonta-ganti template, saya peringatkan untuk lebih Waspada! karena banyak Template Gratisan yang telah di Inject Iklan Google AdSense Oleh Pembuatnya.




hosting indonesia

You Might Also Like

8 komentar:

  1. ane pernah ngalamin juga, tempe wp dari luar negeri, cuman bedanya si owner ngasih tahu di posting+file readmenya untuk ganti dulu pub id


    awas jangan disebutin pemilik templatenya pak wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. @ simple tips : Lha klo di WP sih justru bagus pak, jadi kita gak usah susah2 ngoding atau masang Plugin sendiri buat masang iklan haha... lha klo di Blogger?? :)

    Justru biarin sekalian tak sebut, biar yang punya mikir ...

    BalasHapus
  3. waduh.
    sak templatenya jga di curangin.
    ini namanya bisa dikatakan melanggar hukum.
    hhe...

    BalasHapus
  4. Biar lebih aman, jgn pernah download file dr borneo itu.
    Lagi pula masih banyak kok yg menyediakan templete yg berkualitas dr pd borneo itu.
    bener kan mas dj.

    BalasHapus
  5. Harus lebig waspada ya Sob !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  6. wah, ane juga pernah ngalamin dulu tuh, tapi kalo ane di templatenya disisipin kode alamat blog orang lain, jadi setiap buka blog ane, bakalan ke redirect ke blog lain, langsung aja hari itu juga ane langsung ganti template

    BalasHapus
  7. @ Mas Ferdiantono & Yolanda Agus Saputra : makasih banyak :)

    @ Labbay Modjo Lelo : Sayang di Indonesia gak ada Hukum ITE yang jelas mengatur tentang itu haha...

    @ Ejawantah's Blog : Yupz, terutama klo lagi milih2 template baru di penyedia template Gratisan :)

    @ Admin KuPas : Walah, ada tah yang bikin template model Redirect gitu? bener-bener kurang kerjaan, tapi gak selamanya redirect itu kesalahan dari pembuat templatenya lho, kadang ada yang karena hosting js-nya expired :)

    BalasHapus