Blogger Tutorial

Cara Mengalihkan Custom Top Level Domain (TLD) di Blogger ke Subdomain Blogspot (New Dashboard)

09.25,5 Comments


Berhubung udah kebanyakan Top Level Domain (TLD), yang hampir kesemuanya jarang saya urus. So, untuk mengurangi pengeluaran biaya perpanjangan domain. Begitu dapet email "perpanjangan domain" untuk domain "biasa.in" bulan lalu, akhirnya saya putusin untuk nggak lagi memperpanjang domain itu. 

Kalo dibilang nggak sanggup bayar sih ya nggak juga, wong cuma 150rb/tahun kok masa iya nggak kebayar hhe.. cuma berhubung domain itu kontennya hampir-hampir sama kaya konten di salah satu board di forum yang saya kelola (http://onoff.web.id/index.php) yaitu download-an APK aplikasi dan Game Android berbayar secara free (gratis)

So, setelah saya pikir-pikir lagi ketimbang nggak kepake, akhirnya mendingan nggak saya perpanjang sekalian, dan saya kembalikan ke subdomain asal saya, dan saya rubah ke subdomain lain. 

Nah, dan untuk anda yang mungkin hendak melakukan hal yang saya, berikut saya berikan tutorial singkatnya.

1. Login dulu ke Dashboard Blogger anda dengan "Google Account" anda masing-masing
2. Setelah berhasil login, pilih tanda panah kebawah dengan tulisan "Opsi Lain"


3. Pilih "Dasar" dan anda akan mendapati gambar berikut ini:



4. (Klik gambar untuk memperbesar), Coba perhatikan gambar diatas, disitu domain saya masih biasa.in dengan subdomain yang diarahkan biasain.blogspot.com

5. Klik tanda silang disamping custom Top Level Domain (TLD) anda, maka akan muncul dialog seperti ini.


6. Selamat domain anda sudah beralih ke subdomain awal blogspot anda. seperti halnya saya yang sudah kenbali ke subdomain biasain.blogspot.com



7. Oiya anda bebas ngerubah subdomainnya asal masih tersedia, kaya saya dari biasain.blogspot.com tak ganti jadi http://notnulldroid.blogspot.com/



 

8. Hasilnya kaya gambar diatas...

Gimana? gampang kan? lha ya emang gampang, cuma kadang ada orang yang bingung aja karena biasa pake Dashboard lama caranya beda hhe...




hosting indonesia

You Might Also Like

5 komentar:

  1. Postingan yg bermanfaat.
    terima kasih Kakak.

    Happy blogging!!

    BalasHapus
  2. Lah ini mah udah klasik gan. Ngerubah link domain atau ngerubah alamatnya sekalipun sangat berdampak pada traffik kita. Yang akhirnya bakakalan ambles. Sayang banget gan!!!

    BalasHapus
  3. @ Einid Shandy: Sama2 Happy Blogging juga :) Din urlmu yg mana ya dr G+ jg gak ada url blog, cuma ada url tweet

    @ Faizal Indra kusuma : Classic untuk yg baru mulai sekarang, tp belum tentu classic untuk yg ngeblog dari dulu2 dan belum terlalu familiar sama Dashboard baru blogger mulai tahun lalu :)

    Satu lagi, saya termasuk yg nggak perduli sama Traffic :) jadi ya mau anjlok kek ambles kek, banjir kek yo wes ben ae hhe...

    BalasHapus
  4. ha ha nggak ngebaca semua artikel dia sob tahunya ngalihin url aja padahal intinya ngembaliin ke tld ke subdomain blogspot

    BalasHapus
  5. tutorial yg sangat bagus

    BalasHapus