Blogger Tutorial

Cara Mengintegrasikan Facebook Insights Dengan Blog Anda [Melihat Statistik Blog Ala Facebook]

09.14,1 Comments


Okeh, pagi hari ini saya menjawab sebuah pertanyaan yang masuk ke Email saya, yang isinya menanyakan pertanyaan berikut:

Adakah tools lain dari facebook yang bisa digunakan atau dipasang di blog kita selain, Fan's Page, Like button, Facebook share, serta facebook comment?


Sebenernya untuk menjawab pertanyaan ini, sama aja kaya saya harus kembali LogIn dan terdampar di halaman facebook yang udah lama banget saya tinggalkan hhe... Yupz, hampir setahun ini, saya emank udah gak pernah buka-buka facebook lagi, jadi klo anda mau ngajak saya ngobrol via Social Networking silahkan Follow Twitter saya (@djnand) atau Google+ saya aja, jangan Add page facebook saya karena boro-boro mau melakukan approve untuk permintaan anda, lha wong saya-nya aja udah lama gak buka-buka facebook haha.... :)

Okeh, kembali ke pertanyaan diatas, setelah barusan LogIn ke akun facebook *sumpah bener-bener berasa terdampar haha dan saya cek lagi ternyata ada sebuah Tools yang disediakan oleh Developer facebook yang bisa kita gunakan atau kita integrasikan dengan blog kita. Dan nama tools tersebut adalah "Facebook Insights".

Apa itu Facebook Insights? gampangnya Facebook Insights merupakan tools yang mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Menu Statistik yang bisa anda lihat di Blogger. Eum... atau klo mau Flashback ke zaman yang lebih jadul fungsi Facebook Insights bisa saya katakan sama kaya Google Analytics. So, definisi gampang dari Facebook Insights versi saya adalah Menu Statistik Blog Ala facebook. Dan biasanya Facebook Insights lebih sering digunakan oleh para "online enterpreneur" untuk memantau aktivitas ke Website E-Commerce yang mereka gunakan untuk dagang/berjualan, karena seperti yang sama-sama kita tau, dari pada cuma ngandalin Website thok, seorang online enterpreneur pasti akan lebih sukses jika ia memasarkan barangnya di Social Networking kaya facebook, apalagi terakhir saya denger facebook juga udah nyediain platform E-Commerce sendiri kan untuk para online enterpreneur hhe...

Okeh kembali ke Facebook Insights, biarpun barusan saya katakan bahwa Tools ini lebih banyak digunakan oleh para online enterpreneur, saya gak mengatakan bahwa Tools ini gak bisa anda gunakan untuk Blog pribadi anda, karena sesuai fungsinya Tools ini sebenernya dibuat untuk mengintegrasikan blog atau website dengan kategori dan konten apapun untuk memantau statistik blog atau website tersebut di facebook.

Tolong catat baik-baik, yang akan dipantau oleh tools ini adalah statistik Blog tersebut di Facebook, jadi kerja toolsnya ini bukan kaya Google Analytics yang memantau page view atau unique visitor yang datang ke blog anda, melainkan yang mereka pantau adalah, berapa banyak halaman blog anda dibagikan oleh orang lain di facebook, berapa banyak like yang anda terima untuk postingan-postingan blog anda, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan aktivitas blog anda di facebook.

Dan jika tertarik, anda bisa mengikuti panduan yang akan saya berikan dibawah ini untuk mengintegrasikan Facebook Insights Dengan Blog Anda.

1. Silahkan LogIn ke akun facebook anda masing-masing. Udah?
2. Klo udah, silahkan kunjungi Url berikut ini: https://www.facebook.com/insights/ (Catatan: anda bisa menghilangkan huruf s pada https:// jika tidak ingin menggunakan secure LogIn, tapi saran saya, lebih baik gunakan yang SSL dari pada LogIn biasa).
3. Jika Url tersebut dibuka, harusnya yang akan anda lihat adalah page berikut ini:

Silahkan klik gambar tersebut untuk memperbesar ukurannya.
4. Klik Button berwarna hijau yang bertuliskan "Insights for your website"
5. Dan akan terbuka sebuah pop-up, yang penampakannya kaya gambar dibawah ini:

Silahkan klik gambar tersebut untuk memperbesar ukurannya.
5. Isi kolom domain, dengan nama domain blog atau website anda, sebagai contoh yang saya isi adalah http://dj-note.blogspot.com/
6. Klo udah diisi, tolong jangan diapa-apain dulu
7. LogIn ke akun Blogger anda masing-masing, dan masuk ke Menu Rancangan kemudian klik Edit HTML *saya pake Dashboard yang lama
8. Cari kode berikut ini <b:include data='blog' name='all-head-content'/>
9. Kembali ke page Facebook Insights dan Copy Meta tag yang diberikan oleh Facebook Insights. Itu tuh yang berbentuk kode kaya gini:

<meta property="fb:admins" content="159622xxxx" />


10. Pastekan Meta tag tersebut persis dibawah kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/> untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:



11. Kemudian, Save template anda.
12. Klo udah kembali ke, page Facebook Insights dan klik button Get Insights, perhatikan gambar dibawah ini:

13. Sampai disini, anda telah berhasil mengintegrasikan Facebook Insights Dengan Blog Anda. Dan secara otomatis anda dapat langsung melihat aktivitas Blog anda di facebook, berikut contoh penampakan aktivitas blog ini di facebook:

Perhatikan gambar diatas, berbeda dengan menu statistik pihak ketiga lain, Facebook Insights memang akan secara otomatis meng-generate aktivitas blog anda yang terdahulu, jadi aktivitas blog anda memang dapat langsung anda lihat, saat blog anda terintegrasi. Jadi, anda gak perlu nunggu sampe bulan depan, karena facebook gak akan memantau blog atau website anda dari ulang atau baru setelah anda mengintegrasikannya, melainkan seluruh aktivitas blog anda sebelum anda mengintegrasikannya pun akan mereka tampilkan. Dan pada gambar diatas dapat anda lihat sejak 7 Oktober 2011 - 5 November 2011, blog ini telah didistribusikan di facebook sebanyak 2.832 total tayang, 3 kali mendatangkan referal visitor ke blog ini dan ada 4 tindakan keterlibatan blog ini di facebook (4x di like selama sebulan ini) *padahal yang punya blog gak pernah buka-buka facebook haha...

Gambar diatas merupakan detail jumlah like yang diberikan untuk blog ini selama sebulan terakhir, yaitu sebanyak 4 like.


Gambar diatas merupakan detail jumlah tayang Blog ini di facebook, yaitu sebanyak 2.832x selama sebulan terakhir.


Gambar diatas merupakan detail jumlah share yang diberikan kepada blog ini selama sebulan terakhir, yakni 3x di share.

Gimana? ada diantara anda yang tertarik untuk mengintegrasikan blognya dengan Facebook Insights? klo ada saya ucapkan selamat mencoba dan mengikuti panduan diatas.




hosting indonesia

You Might Also Like

1 komentar:

  1. thanks gan atas infonya,,ajarin kita2 yg newbie dong...

    BalasHapus